Kamis, 29 Mei 2014

Jaringan 3

        1.       Carilah pengertian dari jenis jaringan berikut
a.       Lan
LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya
b.      Wan
WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN.
c.       Man
MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.
         2.       Carilah kelebihan dan kekurangan dari jenis jaringan (pada no. 1)
a.       Lan
Kelebihan :
·         Pemakaian sumber daya secara bersama-sama
·          Memungkinkan hubungan antar sistem dari beragam merk
·         Memungkinkan adanya transfer file antar bagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi
·         Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
·         Lebih banyak terminal yang terhubung ke system
·         Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem conect one by one
·         Memungkinkan komunikasi melalui e-mail
·         Adanya pembakuan user interface
·         Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password
Kekurangan :
·         Instrumentasi tidak sederhana
·         Ada kemungkinan password dapat ditembus
·         Perlu pengendali pemakain software
·         Software harus dirancang untuk multi user
·         Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan)
·          Virus mungkin dapat menBluetooth
b.      Man
Kelebihan : MAN dapat melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan MAN.
Kekurangan : MAN hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat bersaing atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos ataupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti membuka dan mengambil data dari sebuah komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna.
c.       Wan
Kelebihan : WAN dapat menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi, contoh menghubungkan Florida, Amerika Serikat dengan dunia. Jaringan WAN berupaya menghubungkan sekolah-sekolah di Florida dengan tempat-tempat lain di dunia sebagai contoh Tokyo hanya dalam waktu beberapa menit saja, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon.
Kekurangan : Jaringan WAN ini lebih rumit dan kompleks. Ia memerlukan perbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet.
         3.       Carilah penjelasan mengenai type jaringan berikut
a.       Peer to peer
Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
b.       Client server
Client Server adalah suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.
c.       Hybrid
jaringan ini merupakan gabungan dari sifat pada jaringan peer to peer dan client/server. Workgroup yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung dapat mengelola sumber daya tanpa membutuhkan otorisasi dari administrator jaringan atau server. Pada jenis jaringan ini, terdapat pula sifat dari jaringan client/server sedemikian sehingga tingkat keamanan dapat lebih terjaga dan adanya server yang mempunyai suatu fungsi layanan tertentu, seperti sebagai file server, print server, database server, mail server, dan lainnya.
         4.       Apakah yang dimaksud topologi jaringan? Jelaskan
Pengertian topologi jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan.
         5.       Jelaskan pengertian dan contoh dari
a.       Physical topologi
Merupakan gambaran fisik dari hubungan antara perangkat (komputer, server, hub, switch, dan kabel jaringan) yang membentuk suatu pola khusus 
b.       Logical topologi
merupakan topologi yang menggambarkan hubungan secara logika yang terjadi pada masing-masing komputer dalam jaringan.
          6.       Cari pengertian, gambar, kelebihan kekurangan dari topologi jaringan berikut
a.       Bus
Pengertian : Jenis topologi bus ini menggunakan kabel tunggal, seluruh komputer saling berhubungan secara langsung hanya menggunakan satu kabel saja. Kabel yang menghubungkan jaringan ini adalah kabel koaksial dan dilekatkan menggunakan T-Connector. Untuk memaksimalkan penggunaan jaringan ini sebaiknya menggunakan kabel Fiber Optic karena kestabilan resistensi sehingga dapat mengirimkan data lebih baik.
Gambar :
Kelebihan :
·         Mudah untuk dikembangkan
·         Tidak memerlukan kabel yang banyak
·         Hemat biaya pemasangan
        Kekurangan :
·         Tidak stabil, jika salah satu komputer terganggu maka jaringan akan terganggu
·         Tingkat deteksi kesalahan sangat kecil
·         Sulit mencari gangguan pada jaringan
·          Tingkat lalu lintas tinggi / sering terjadi antrian data
·         Untuk jarak jauh diperlukan repeater
b.       Ring
Pengertian : Jenis topologi ring ini, seluruh komputer dihubungkan menjadi satu membentuk lingkaran (ring) yang tertutup dan dibantu oleh Token, Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan, jika ada maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan menuju ke titik berikutnya. seluruh komputer akan menerima setiap signal informasi yang mengalir, informasi akan diterima jika memang sudah sesuai dengan alamat yang dituju, dan signal informasi akan diabaikan jika bukan merupakan alamatnya sendiri. Dengan kata lain proses ini akan berlanjut terus hingga sinyal data diterima ditujuan.
Gambar :
Kelebihan :
·         Tidak menggunakan banyak kabel
·         Tingkat kerumitan pemasangan rendah
·         Mudah instalasi
·         Tidak akan terjadi tabrak data
·         Mudah dirancang
Kekurangan :
·         peka kesalahan jaringan
·         Sulit untuk dikembangkan
·         Jika salah satu titik jaringan terganggu maka seluruh komunikasi data dapat terganggu
c.       Star
Pengertian : Pada topologi jenis star ini, setiap komputer langsung dihubungkan menggunakan Hub, dimana fungsi dari Hub ini adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh komputer yang terhubung. Karena menggunakan proses pengiriman dan penerimaan informasi secara langsung inilah yang menyebabkan biaya pemasangannya juga tinggi.
Gambar :

Kelebihan :
·         Deteksi kesalahan mudah dilakukan
·         Perubahan stasiun mudah dilakukan dan tidak mengganggu jaringan lain
·         Mudah melakukan control
·          Tingkat keamanan tinggi
·         Paling fleksibel
Kekurangan :
·         Menggunakan banyak kabel
·         Ada kemungkinan akan terjadi tabrakan data sehingga dapat menyebabkan jaringan lambat
·         Jaringan sangat tergantung kepada terminal pusat
·         Jaingan memakan biaya tinggi
·         Jika titik komputer pusat terjadi gangguan maka terganggu pula seluruh jaringan
         7.       Apa yang dimaksud media komunikasi jaringan ? beri 5 contoh media
Media jaringan komunikasi merupakan sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya.
Contoh :
·         ISDN (Integrated Service Digital Network)
·         Telepon
·         Facsimile
·         Fiber Optic
·         Leased Line
         8.       Apakah yang dimaksud protocol jaringan?
Protokol Jaringan adalah perangkat aturan yang digunakan dalam jaringan, Protokol adalah aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi.
         9.       Berilah penjelasan mengenai TCP IP ?
Pengertian TCP/IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.
        10.   Buatlah daftar kata kata sulit (yg tidak kamu ketahui dari rangkuman yang kalian buat)
a.       Fiber optic
b.       Isdn
c.       Leased line
d.       hybrid
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar